Foto Sempat Viral Ditilang & Disuruh Bersihkan Masjid Nasib Polisi PJR yang Langgar Marka Jalan

Foto yang memperlihatkan seorang polisi yang melanggar marka jalan viral di media sosial. Belakangan diketahui anggota tersebut berasal dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY. Ia bertugas di Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR) Pos Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto menjelaskan, kronologi kejadian pelanggaran jalan oleh anggota kepolisian itu ketika dirinya sedang melintas di perempatan Nagung, Kabupaten Kulon Progo, Sabtu (17/4/2021) kemarin sekitar pukul 09.00 WIB. Semestinya setiap pengguna jalan yang menunggu lampu APILL harus berhenti di belakang garis marka. Namun, anggota Sat PJR berinisial M itu diketahui melanggar marka karena berhenti di depan garis marka.

Menurut Yuliyanto, kejadian ini sangat mencoreng satuan PJR Ditlantas Polda DIY, oleh karena itu tindakan tegas dari pimpinan tetap dilaksanakan. Sementara PS.Kasigar Subditgakkum Ditlantas Polda DIY AKP Dwi Pujiastuti menambahkan, anggota kepolisian yang melanggar marka jalan itu telah ditindak sesuai hukum yang berlaku. Bintara berinisial M itu akan menjalani sidang tilang pada 6 Mei 2021.

Selain penilangan, yang bersangkutan juga telah mendapat hukuman tambahan untuk menyapu masjid Hidyatullah, Sanggrahan, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman. "Yang bersangkutan itu kemarin mau berangkat ke Pos PJR Temon. Rumahnya di Maguwoharjo. Karena melanggar marka, ada tindakan penilangan dan membersihkan Masjid Hidayatullah, Maguwo, Sleman," tegasnya. Dwi menjelaskan, kejadian petugas Polisi yang melanggar marka jalan khususnya di Polda DIY hanya sekali ini.

"Ini yang pertama, dan mudah mudahan yang terakhir," jelas Dwi. Saat ini anggota Polisi itu sudah aktif kembali berdinas. Menurut Dwi tidak ada punishment khusus yang diberikan kepada Polisi berinisial M tersebut.

Penindakan hanya berupa peringatan serta penilangan dari pimpinan langsung, dan ditambah hukuman sosial membersihkan masjid. "Tambahannya peringatan pak Kasat PJR, dikasih tindakan disiplin bakti sosial, selain tilang," pungkasnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.