Bawang Putih Tunggal, Efektif dan Terasa Khasiatnya

Bawang putih tunggal adalah bawang yang tengah ramai dibicarakan, kabarnya rasanya enak apabila dikombinasikan dengan saus sriracha dan cabai. Selain rasanya yang enak, bawang putih tunggal juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Banyak yang menjual bawang putih tunggal ini dengan versi acar bukan versi segar. Karena pemanenan bawang putih tunggal lebih sedikit dibanding  dengan bawang putih biasa. Apabila bawang putih biasa dipanen satu ton tiap bulan, maka bawang putih tunggal dipanen satu kilo setiap bulan. Itu merupakan salah satu perbandingan antara bawang putih tunggal dengan bawang putih biasa. 

Apakah Manfaat yang Akan Diperoleh dari Bawang Putih Tunggal ?

Manfaat Bawang Putih Tunggal

Kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat akan dapat diturunkan jika Anda memakan satu siung bawang putih tunggal setiap pagi. Kolesterol jahat tersebut berangsur – angsur menghilang dalam darah. Selain kolesterol, bawang putih tunggal ini juga dapat digunakan sebagai penurun tekanan darah. 

Hal ini disebabkan karena terdapat sebanyak 17 asam amino, 33 komponen sulfur dan 200 enzim dikandung di dalam bawang putih tunggal.  Bawang putih tunggal itu sendiri memiliki manfaat sebagai relaksasi pembuluh darah hingga tekanan darah menurun. 

Bawang putih jenis ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, yaitu dengan cara mengurangi gumpalan dalam pembuluh darah yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain hal tersebut, bawang putih tunggal juga dapat mengobati asma dan infeksi saluran napas.

Ekstrak bawang putih tunggal ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi disbanding dengan bawang putih biasa. Sedangkan ekstrak bawang putih tunggal ini menunjukkan adanya kemampuan untuk memperbaiki penyakit liver pada kelinci. 

Dari sana bawang putih tunggal dijadikan sebagai pilihan perawatan hepatotoksik oksidatif akut. Selain itu, bawang putih tunggal yang satu ini juga dipercaya dapat mengurangi hingga 50 persen resiko kanker. 

Perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat allicin yang terkandung di dalam bawang putih tunggal, yang mana alicin itu sendiri adalah zat antijamur dan antibakteri yang saat ini tengah diteliti kegunaannya untuk mengatasi limpoma folikular. 

Manfaat dari bawang putih tunggal adalah mengurangi gula darah. Karena kombinasi antara alicin dan vitamin B dapat dipercaya mampu untuk meregulasi insulin dalam darah. Oleh karena itulah bawang putih jenis ini dapat membantu mengontrol diabetes. 

Bawang putih tunggal berbeda dengan bawang putih biasa karena di dalam satu siung bawang putih tunggal terdapat kadar antioksidan yang sangat tinggi. Di dalam bawang putih tunggal ini juga terdapat kemampuan untuk memperbaiki penyakit dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan Anda pun juga dapat mendiskusikan atau mengkonsultasikan kepada dokter atau ahli farmasi terkait manfaat bawang putih tunggal. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.