Banyak Gubernur Ajukan Pendirian Politeknik Negeri Kemendikbud

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan banyak gubernur yang mengajukan pendirian politeknik di daerahnya. Menurut Wikan, minat pemerintah daerah untuk mendirikan perguruan tinggi vokasi cukup tinggi akhir akhir ini. "Ini banyak sekali gubernur gubernur yang mengajukan pendirian politeknik negeri," ucap Wikan dalam Rapat Koordinasi dan Kick Off Program Ditjen Pendidikan Vokasi yang disiarkan secara daring, Kamis (4/2/2021).

Wikan mengatakan banyaknya daerah yang mendirikan perguruan tinggi bakal berdampak pada peningkatan jumlah pelajar yang menjadi mahasiswa. Sehingga Angka Partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi, kata Wikan, akan meningkat "Kita membutuhkan APK, angka partisipasi kasar jumlah mahasiswa itu naik. Nah berkolaborasi lah dan harus ada kolaborasi, dan Indonesia akan kuat," ucap Wikan.

Menurut Wikan, kolaborasi harus terbangun antara politeknik dan perguruan tinggi lain. Dirinya menilai tidak perlu ada kompetisi antar kampus di Indonesia. "Tidak ada kompetisi di dalam negeri. Yang ada adalah sinergi dalam negeri, dan ayo kita berkompetisi dengan negara lain," pungkas Wikan. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.